Di masa pandemi saat ini yang sudah setahun sejak di bulan Maret tahun 2020, semua sektor usaha dituntut untuk kreatif dan mengoptimalkan dunia digital atau online. Semua sektor usaha merasakan dampak yang sangat luar biasa di awal pandemi yang mengakibatkan banyaknya tenaga kerja yang dirumahkan sementara, hingga batas waktu yang tidak dapat ditentukan sampai pemutusan hubungan kerja. Maka dari itu banyak wirausaha mulai dari UMKM hingga perusahaan besar yang membuat ide-ide kreatif dan inspiratif untuk bertahan di masa pandemi ini. Dan di masa pandemi inipun banyak yang menjadi penjual dadakan baik secara online ataupun offline, dikarenakan semua yang terkena dampak pandemi ini berusaha untuk bertahan hidup mencukupi kebutuhan keluarga.

Bisnis Online seperti kita ketahui sudah ada sebelum di masa pandemi tetapi tidak semua sektor usaha mengoptimasi penjualan secara online. Dalam bisnis online yang menggunakan digital marketing dapat melakukan optimasi salah satunya melalui media sosial. Media Sosial sendiri kita ketahui ada banyak macamnya. Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu (Wikipedia). Berikut media sosial yang paling populer di Indonesia pada tahun 2020-2021.


https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Dari sumber data diatas media sosial yang paling sering digunakan oleh orang Indonesia adalah Youtube, Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, Facebook Messenger, Line, LinkedIn, Tik Tok, Pinterest, Telegram, We Chat, Snapchat, Skype, Tumblr, Reddit, Sina Weibo. Sedangkan untuk Bisnis

Online sendiri yang paling sering digunakan adalah Whatsapp, Facebook dan Instagram baik untuk penjualan produk dan jasa. Karena media social tersebut sudah familiar di semua kalangan dan usia. Dan penulis sendiri sebagai pelaku bisnis online juga menggunakan media sosial tersebut dan media sosial telegram, youtube dan tiktok saat ini.

Dengan adanya media sosial yang mana dapat membantu strategi penjualan, maka perlu dalam bisnis online untuk mengoptimalkan media sosial. Optimasi media sosial adalah kegiatan/ aktifitas untuk mengoptimalkan fungsi dari penggunaan media sosial itu sendiri yang digunakan oleh seseorang untuk tujuan tertentu. Optimasi Media Sosial dapat difungsikan untuk berbagai macam hal diantaranya adalah untuk bisnis dan personal branding. Maka dari itu optimasi media sosial untuk bisnis yaitu untuk meningkatkan penjualan dan membangun jaringan bisnis dengan meluaskan jangkauan pemasaran yang tertarget dan penjualan dari tingkat nasional hingga internasional. Sedangkan personal branding untuk memperkenalkan diri anda sebagai seorang business owner dari suatu produk dan jasa atau profesi anda dan dari media sosial ini dapat memperkuat personal branding anda. Untuk optimasi media sosial ini juga sering digunakan bersamaan dengan cara digital marketing lainnya seperti penggunaan website, blog, e-mail dan lainnya. Karena platform media sosial cukup banyak, maka harus tepat pemilihan platform yang sesuai dengan bisnis anda dan juga kemampuan anda dalam mengoptimasi media sosial tersebut yang dapat menjadikan kunci sukses strategi digital marketing dalam bisnis anda.

Berdasarkan sumber yang penulis baca dan digunakan untuk mengelola bisnis online ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam optimasi media sosial :

  1. Profil

Profil media sosial adalah tampilan utama saat seseorang melihat akun medsos kita maka dari itu dibuat seinformatif dan semenarik mungkin. Jadi lengkapi profil, identitas visual dan postingan yang mengandung visual branding.

  • Konten

Gunakan topik yang sesuai dengan keahlian anda, hubungkan dengan yang lagi viral, komitmen posting dan terjadwal, buat caption yang bagus, gunakan hastag/ keyword, call to action (contoh memberikan kalimat perintah seperti yuuk follow Instagram aku / kalau channel bermanfaat silahkan subscribe, like and share), dan buat konten sekeren mungkin agar yang diterima oleh target market sesuai dengan tujuan yang anda inginkan.

  • Interaksi

Interaksi dengan target market ini harus ada engagement dalam media sosial seperti membalas komentar dengan komunikatif, membalas chat/inbox dengan cepat (fast response), gunakan fitur- fitur tambahan untuk memaksimalkan interaksi.

  • Eksternal

Menggunakan media lainnya seperti iklan dan aplikasi lainnya untuk mengoptimalisasikan media sosial kita.

(Sumber : https://medium.com/@ruslanovic17/optimasi-sosial-media-8bf81cd02c09)

Optimasi media sosial yang akan penulis bagikan berdasarkan pengalaman seperti optimasi whatsapp dan facebook. Untuk optimasi media sosial whatsapp (WA) seperti :

  • Do & Don’t berjualan di WA

Pisahkan akun pribadi dengan akun bisnis anda, jangan simpan kontak wa di memori hp, jangan spamming, broadcast setiap saat secara rutin dan terjadwal, jangan sampai simcard hangus atau hilang

  • Cara tambah kontak WA Tertarget

Bergabung dengan group online shop, komunitas yang sesuai dengan target bisnis anda, menggunakan aplikasi untuk menambah kontak wa baik secara gratis dan berbayar

  • Interaksi dengan Database tertarget

Update status/ WA Story setiap hari dan terjadwal, berikan respon status dari kontak wa anda secara positif untuk membangun kedekatan anda dengan kontak wa tertarget, broadcast yang bermanfaat secara rutin mingguan, jadwalkan interaksi dengan pelanggan lama missal membuat giveaway untuk pelanggan yang seringa tau terbanyak membeli produk anda atau sering menggunakan jasa bisnis anda

  • Gunakan fitur pendukung di WA contoh seperti Selly Keyboard

Download aplikasi Selly Keyboard melalui google play store. Aplikasi tersebut dapat membantu aktivitas transaksi jualan bisnis online kita seperti untuk fasilitas cek ongkir, pesan autotext, membuat invoice, dll.

  • Strategi closing di WA

Saat konsumen/ kontak merespon promosi di status kita dengan menggunakan komunikasi efektif ke arah closing, lakukan pendekatan dengan mencari tahu kebutuhan konsumen yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita jual, harus fast response Ketika konsumen chat dengan kita.

Berikut optimasi media sosial Facebook (FB) seperti :

  • Do & Don’t berjualan di FB

Pisahkan akun facebook pribadi dengan akun facebook bisnis anda, jangan, jangan spamming di beranda teman FB, jangan posting jualan terus menerus.

  • Cara tambah teman/ database FB tertarget

Bergabung dengan group online shop, komunitas yang sesuai dengan target bisnis anda, membuat FB Page dengan mengundang teman FB untuk menyukai halaman anda supaya teman lainnya juga bisa melihat FB Page anda, membuat group peluang bisnis yang bermanfaat untuk public.

  • Interaksi dengan teman FB/ Database tertarget

Update status/ posting setiap hari, respon dan like postingan/ status FB teman kita, posting yang bermanfaat secara rutin setiap hari, tidak hanya posting promosi saja, balas inbox dan komentar teman FB kita

  • Strategi closing di FB

Saat konsumen/ teman FB merespon promosi postingan kita harus fast response dengan segera membalas komentar/ inbox mereka, sering like postingan teman FB kita, saat interaksi minta

nomer HP dan tanyakan domisili mereka, buat status/ posting yang topiknya menarik dengan mengajak teman FB untuk berinteraksi dengan kita

Setelah kita dapat mengoptimalisasikan media sosial, maka penulis akan berbagi pengalaman, Tips Sukses Bisnis Online Produk dan Jasa di Masa Pandemi dengan Optimasi Media Sosial Secara Kreatif dan Inspiratif :

  1. Pilih Produk/Jasa yang anda minat/suka dan anda kuasai, modal kecil/sesuai dengan budget yang anda miliki serta yang paling utama dibutuhkan masyarakat di saat pandemi, contoh untuk produk seperti produk Kesehatan, sembako, makanan/ camilan kekinian, sedangkan jasa seperti jasa kurir/ ekspedisi, Lembaga pelatihan online, Event Organizer khusus untuk acara-acara virtual, jasa desain digital, jasa pembuatan website, jasa penyewaan akun zoom dan lain sebagainya.
  2. Niatkan untuk mensejahterakan dan membahagiakan keluarga tercinta anda dan miliki tujuan yang ingin anda capai dalam bisnis anda serta meluaskan manfaat dari bisnis anda, misal membuka peluang pekerjaan bagi saudara, teman/ rekan kerja anda yang terkena dampak pandemi juga.
  3. Apabila anda masih bekerja maka atur waktu antara bekerja dengan bisnis/ jualan.
  4. Gunakan waktu anda secara terjadwal dan rutin untuk bisnis anda.
  5. Tunjuk orang kepercayaan atau pilih partner/tim/asisten untuk membantu bisnis anda.
  6. Pilih media sosial yang anda kuasai dan anda gunakan/ anda miliki.
  7. Upgrade skill anda dalam menggunakan media sosial yang anda pilih untuk bisnis anda, baik secara otodidak ataupun anda mengikuti pelatiha-pelatihan baik secara gratis dan berbayar sesuai dengan kebutuhan anda. Supaya anda dapat mengoptimalisasikan media sosial sebagai strategi pemasaran bisnis anda.
  8. Konsisten waktu promosi dan jualan setiap hari sampai clossing secara rutin dan terus menerus.
  9. Update selalu informasi perkembangan bisnis saat pandemi atau new normal.
  10. Perbanyak Database tertarget anda dan bergabung ke komunitas-komunitas positif yang mendukung kemajuan bisnis anda.
  11. Jangan pernah mendengarkan kata-kata negatif orang lain yang dapat menggagalkan bisnis yang anda jalankan untuk mencapai tujuan bisnis dan kesuksesan anda.
  12. Buat Goal Achievment dalam bisnis yang anda jalankan dan fokus untuk mencapai tujuan bisnis anda. Jangan mudah menyerah apabila terjadi tantangan dalam bisnis anda karena sebagai seorang pengusaha/wirausaha harus memiliki mental yang kuat dan mampu bertahan dalam segala hal demi mencapai tujuannya.

Bagaimana sahabat tetap mau action kan untuk berbisnis online atau jadi pengusaha di masa pandemi? Sipp lanjut ya sahabat jadi pejuang keluarga yang tangguh dan bisnis atau jualannya laris manis, rezekinya penuh berkah dan berlimpah, dan selalu meluaskan manfaat kepada semua orang, berbagi dan semangat. Salam Sukses ( Suka Proses ).

Author : FRIMA MAHARANI, S.ST.Par, MM, CT.OSB, C.NPS, C.STMI, C.JKB, CNCP, C.DMP, C.SMC, C.STM.

Dosen D IV Pengelolaan Perhotelan


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *